Tuesday, April 29, 2014

Rejecting UN? Yay or Nay?

Akhir-akhir ini banyak banget yang ngomongin soal UN SMA tahun ini. Mulai dari soalnya yg ga manusiawi sampe banyak murid yang pingsan dan depresi gara2 ga bisa ngerjain. Hmm.. Aku bukan pengikut UN tahun ini sih, lebih tepatnya aku pengikut UN tahun 2013. Tapi setelah lihat berita, keluhan saudara, dan orang-orang yg ngejalanin UN tahun ini, apalagi sampe masuk HT Kaskus wow banget deh bikin aku pengen ngeluarin uneg-uneg yg aku rasain.

Mungkin aku emang ga pinter, ga cerdas, apalagi brilian. Paling ga suka sama pelajaran yg berhubungan dengan hitung-menghitung, tapi harus masuk IPA biar ntar kuliahnya gampang nyarinya. Oke dari statement itu aja udah mulai main pendiktean pendidikan. Masuk IPA pasti anak pinter, masuk IPS anak malas, masuk BAHASA anak bodoh. Orang Indonesia itu pikirannya sempit, cuman nilai orang dari covernya aja. Hello, masuk IPA bukan jaminan SUKSES bro. Malahan kalo kepaksa karena 'pendiktean' tadi, yg ada malah bikin otak punah gara2 bekerja ga sesuai bidang. Ga selalu anak yg lemah di bidang logika itu bakalan bermasa depan suram, begitu pula sebaliknya. Semua bergantung pada dimana kamu punya minat dan bakat.

Balik lagi ke UN.. Udah bukan rahasia lagi dong kalo dari tahun ke tahun soal UN itu BOCOR? Angkatanku adalah generasi pertama yg ngejalanin paket 20 SOAL (woooow) waktu ngedenger hal itu cuman bisa cengo dan cuman bisa mikir "Pemeritah kurang kerjaan banget apa ya sampe mau banget bikin 20 soal? Pake barcode pula kodenya. Ga sekalian aja pas kita UN dijagain 1 orang 1 pengawas biar ga nyontek?"

Mungkin dipikir dengan bikin 20 soal yang pake barcode itu jadi ga ada kebocoran soal kali ya? Haha lol banget mau dibikin 100, 1000, 10000000 paketpun kebocoran jawaban itu PASTI terjadi, pak. Kenapa? Karena jokinya itu orang dalem pemerintah sendiri :)) kenapa aku bisa bilang kayak gitu? Kalo bukan orang dalem, terus siapa lagi yg tau tentang soal2 tersebut? Bapak bilang keamanan soal telah divalidasi, divalidasi di sebelah mananya pak? Saya yakin bapak pasti tau bangetkan kalo ada kebocoran soal, PASTI banget. Lalu dimana letak kejujuran yang bapak agungkan itu?

Sebagai menteri pendidikan, yg erat kaitannya dengan pemuda-pemuda yang duduk di bangku sekolah, bukankah elemen yang harus PALING bapak perhatikan itu ialah kami, pak? Apa bapak tidak memiliki saudara/kerabat terdekat seusia kami? Tidakkah bapak dengar keluhannya saat mengerjakan UN kemarin? Apa bapak sudah mempertimbangkan sematang mungkin mengenai kesulitan UN tersebut? Apa bapak sudah yakin jika kami semahir itu? Kami memiliki bidang keahlian masing-masing pak, dan bidang tersebut tidak pantas jika bapak kandaskan dengan UN. Menjadikan UN sebagai bobot lolos PTN, apa bapak tau, keputusan tersebut benar-benar tidak adil? Bagaimana nasib anak yg semasa SMAnya memang pintar, namun karena UN membuat dia depresi sehingga nilainya anjlok dan berujung tidak lolos SNMPTN? Padahal sebenarnya mereka pantas lolos dalam seleksi tersebut. Mari pak bapak pikirkan baik-baik suara kami, kami yang nantinya menjadi penerus bangsa ini. Jika dari pusatnya saja sudah menghancurkan kami, bagaimana kami bisa menjadi penerus?

Saya ga minta UN diberhentikan, tapi saya rasa jangan menempatkan UN di tempat teratas dari segalanya pak. 3 hari untuk 3 tahun, 3 hari untuk penentuan SNMPTN. Kalo memang kejujuran diatas segalanya, kenapa harus diukur lewat UN? Bukannya itu malah membuat pelajar menjadi penuh keterpaksaan dan ga jujur? Jangan juga salahkan yg ga jujur pak, melihat kondisi UN yg seperti ini, dengan syarat UN sebagai syarat SNMPTN, siapa yg tidak takut? Meskipun sudah belajar mati-matian tapi tetap tidak bisa, sungguh UN malah membuat anak menjadi depresi, tertekan, dan berujung beli kunci. Membentuk mental yg penakut.

Rejecting UN? Yay!


No comments:

Post a Comment