Thursday, December 14, 2017

My Job Seeker Journey

Hi guys!
Omg i haven't wrote anything for 8 months! 2017 is just so full of stories. From finishing up my theses, looking for a job, until I got one. I give my biggest thank to Allah, my one and only who made this miracle happened. Tonight I want to share you my job seeker journey and I hope this will inspire you all to keep persistent on looking for a job. 

Okay ceritanya pake bahasa indonesia aja ya biar kalian ga pada males bacanya hahaha. Jadi aku lulus dari ITS September 2017. Ada satu hal yang jadi alasanku untuk nyelesain kuliah tepat waktu: aku ga mau nyusahin kedua ortuku lagi, aku ga mau mereka terus-terusan ngeluarin duit buat biaya kuliahku yang ga murah. Selain biayain kuliah, mereka juga biayain aku hidup. Aku ga mau itu terjadi terlalu lama, aku harus bisa lulus tepat waktu. Ternyata I could make it setelah banyak drama dan perjuangan. Hasil emang ga akan mengkhianati usaha

Waktu wisuda rasanya seneng campur mikir juga karena aku mengemban tanggung jawab yang lebih besar lagi, yaitu harus memanfaatkan ilmu yang udah aku dapetin biar bisa bermanfaat buat lingkunganku. Yap, aku harus cari kerja. Aku harus bisa bermanfaat dan ga boleh nyusahin orang tuaku lagi. Aku harus bisa membiayai diriku sendiri. Disitu tekadku kuat banget untuk cari kerja. So, this is the story lists of companies that I've ever applied.

BNI
Dari awal cari kerja, aku ga mau daftar kerja di bank. Terus berhubung penasaran gimana sih  rasanya tes kerja itu, akhirnya iseng aja nyoba ODP BNI yang waktu itu lagi buka ga lama setelah aku sidang. Terus abis daftar aku dapet sms dari BNI untuk ngikutin tes tahap 1 (bahasa inggris) di BNI Ahmad Yani Surabaya. Pengumuman tes akan langsung ditempel hari itu juga, cuma tes tadi aja udah molor dan itu banyak batch, jadi ditempelnya ga tau jam berapa. Karena aku males banget nungguin pengumumannya, jadi aku langsung pulang. Terus dikabarin temen aku yang liat hasil pengumuman, ternyata aku lolos ke tahap 2, yaitu psikotes yang diadakan besoknya jam 7 pagi. Terus berhubung aku orangnya sangat bangkong dan ditambah ga minat kerja di bank, jadi bablas aja bangun sampe siang hahahaha.

ARTAJASA
Waktu itu tau lowngan ini dari jobfair ITS dan aku apply bagian customer engineering. Tes tahap awal aku gugur dong hiks sedih gagal sih engga, cuman temen-temen yang ikutan tes 90% pada lolos. Disitu aku ngerasa 'emang aku sebego itu?' tapi yaudah gapapa seengganya pengalaman tau tipe soal tes kerja. Soal tesnya ya basic psikotes gitu ada pola, kubus, verbal, bhs inggris, ya pokoknya standar psikotes.

TOYOTA
Selain apply Artajasa, di jobfair ITS aku juga naruh berkas di Toyota program EDP. Gila sih antrinya paling panjang dari semua booth yang ada. Abis naruh berkas, besoknya dipanggil buat psikotes. Psikotesnya lebih susah dan jumlah soalnya lebih banyak dari Artajasa. Plus ada tes pauli, wartegg, dan gambar pohon. Kira-kira ada 80 orang seruangan yang ikut tes. Pengumuman lolosnya langsung saat itu juga, cuma jeda 10 menit aja pengumumannya udah ditempel. Cuma 5 orang kalo ga salah yang lolos, dan aku ga termasuk hahaha. It's okay, getting a job is not easy.

CPNS
Liat ada CPNS buka lowongan, aku coba daftar di Kemenkeu bagian Analis SI. Abis itu lolos administrasi dan tes di Jakarta (karena emang aku pilih lokasi Jakarta). Tes yang pertama itu SKD yang terdiri dari TIU, TWK, dan TKP. Buat lolos ada passing gradenya, silahkan googling kalo mau tau. Akhirnya aku belajar pake buku ala ala latihan tes CPNS. Kebetulan banget jadwal tesku tabrakan sama jadwal pesawatku balik. Tesnya di Maria Convention Hall jam 10 dan pesawatku jam 3 sore. Disitu udah ga bisa resche karena emang itu udah tiket hasil resche hahaha. Akhirnya mau ga mau ya aku harus kerjain cepet. Waktu yang disediain 90 menit sih tapi karena aku ga fokus takut ketinggalan pesawat takut macet segala macem, aku kerjain udah ga banyak mikir pokoknya kalo ga tau jawabannya yaudah seadanya aja hahaha. Jam 11 aku udah kelar dan aku MEMENUHI PASSING GRADE hahaha kaget ga percaya pas liat alhamdulillah. Terus aku langsung keluar dari ruangan dan semua mata tertuju padaku! Lol banget lagi hening tiba tiba aku geser kursi dan nyelonong keluar gitu aja. And then ternyata aku ga lolos tahap berikutnya karena meskipun lolos passing grade, tapi diranking seindonesia dulu dan nilaiku kalah sama yang lain. Okay ga masalah, pasti ini yang terbaik. Allah yang tau segalanya kok.

Ernst & Young (EY)
Ini bakalan jadi cerita yang punya section sendiri di blog ini. Why? Because I got the offering exactly today and going to start working here next January. Nanti aku bakalan ceritain waktu seleksi EY kaya apa. Disini aku ceritain garis besarnya aja ya. Jadi waktu aku lagi di Jakarta buat nyiapin tes CPNS, Wira ngomong ke aku "coba deh apply EY, itu kayanya cocok sama kamu soalnya mereka manajemen2 gitu" terus aku langsung bingung...EY itu  perusahaan apa? Hahaha. Ternyata aku baru inget sodaraku pernah ada yang kerja disitu cuma aku ga tau apa-apa tentang EY. Darisitu aku googling tentang EY, eh ternyata ini perusahaan keren banget ya termasuk Big 4 (googling aja kalo bingung Big 4 itu apa). Yaudah akhirnya aku terkesima deh sama EY dan coba apply di bagian IT Risk & Assurance. Alhamdulillah dari preliminary assessment - HR interview - user interview - partner interview aku bisa lewatin. Bener bener sebuah rezeki yang luar biasa dari Allah.

Astra International
Aku tau Astra lagi buka lowongan waktu itu di Jobfair UB. Aku daftar bagian AR Trainee. Ga lama setelah itu dapet sms dan email buat psikotes di UB. Setelah siang psikotes, sorenya diumumin siapa aja yang lolos dan lanjut tahap FGD. Ternyata alhamdulillah namaku ada. Akhirnya aku ngikutin FGD beberapa hari kemudian, tapi aku ga lolos. Intinya kalo FGD ga usah dominasi, ngomong yang jelas dan to the point (ga usah bertele tele keburu waktunya abis), dan catet dengan rapi alasanmu menjawab case yang dikasih.  

Telkom
Telkom lagi buka program GPTP waktu itu. Udah tau sih dari awal kalo tes Telkom itu susah dan tahapannya banyak. Sebenernya males daftar tapi yaudah apa salahnya kan nyoba siapa tau rejekinya disitu. Setelah lolos administrasi, masuk ke tes tahap 1 yaitu psikotes, english, dan technical (yang ini sesuai bidang). Tesnya online dan itu emang susah banget asli deh. Akhirnya keluar pengumuman tes tahap 1 dan ga ada namaku. Ga kaget dan ga sedih sama sekali, karena emang dari awal kurang tertarik dan ga ngarepin apa apa.

Danone
Aku daftar program MTnya dan lolos administrasi. Terus disuruh tes online tahap awal dan mayan susah karena waktu pengerjaan yang dikasih itu super bentar banget. Ada pokoknya bagian tes yang isinya 20 soal tapi waktunya cuma 5 menit! Yaudah deh pasrah aja sama hasil tesnya. Sampe sekarang belum ada email notifikasi lolos padahal sebenernya udah pengumuman. Jadi ya I didn't make it. It's okaaaay.

P&G
Ini perusahaan terakhir yang aku apply sebelum dapet berita kalo lolos EY. Liat lowongannya di jobsid.co dan yaudah coba daftar bagian Payment Specialist karena jurusanku ada dilist. Abis apply, satu setengah jam kemudian dapet email buat online assessment. Tesnya cuman semacam tes kepribadian gitu kaya leadership, sifatmu, dll. Katanya sih bakalan dikabarin maksimal 30 hari tapi berhubung udah dikabarin EY jadi yaudah deh ga aku tunggu kabarnya. Terus ternyata setelah 30 hari berlalu, aku dapet email kalo aku lolos online assesment dan lanjut ke tahap Global Reasoning Test (GRT) tapi ga aku ambil karena udah masuk EY.

Itu dia perusahaan-perusaahan yang aku pernah coba daftar dan tes. Intinya, nyari kerja itu kaya nyari jodoh. Sebesar apapun kamu ingin kerja di suatu tempat, kalo emang itu bukan jodohmu ya mau apa? Allah itu maha tau yang terbaik buat kita. Aku berusaha sebisa mungkin untuk ga berharap apapun ke semua tes kerja yang aku lakuin, aku cuman mau berharap sama Allah karena Dia yang tau semuanya. Aku ga pernah berpikir "aku harus dapet kerja secepat mungkin, aku malu nganggur" karena Allah tau kok waktu kerja yang tepat buat aku. Walaupun emang aku juga ingin segera dapet, tapi aku ga pernah memaksakan dan ngeluhin sedikitpun statusku yang pengangguran di saat temenku udah pada dapet kerja. Aku ga pernah minder sama mereka kalo aku belum kerja. Aku tau semua orang udah ada jalannya masing-masing. Selama kita ga berhenti usaha maksimal, berdoa, dan percaya sama Allah, pasti Allah ga akan mengecewakan kita. Semangat buat kalian para job seeker! Don't ever give up, give your best, and Allah will give you the best too!<3 

No comments:

Post a Comment