Saturday, March 25, 2017

7 TIPS TO SURVIVE A LDR

Hi guys! How are you? I hope you're all good.
Udah setengah tahun ga nulis disini. Kali ini nulisnya pake bahasa indonesia aja ya, soalnya lagi ga mood pake bahasa inggris hahaha. Okay, kali ini aku pengen nulis suatu hal yg bermanfaat dan mungkin bisa menginspirasi kalian semua. So here we go, i'm gonna givin' you some tips to make your LDR working.

Just for your information, i'm one of LDR fighters and i'm proud of it. Aku udah ngejalanin LDR dari Juni 2015 dan masih bertahan sampai detik ini. Aku kuliah di Surabaya dan cowokku kuliah di Balikpapan. Kita dulu sekampus gitu cuma dia harus pindah ke Balikpapan hiks. Kalo aku cerita disini ntar jadinya curcol, ga jadi kasih tips :)) eh tapi aku pengen kasih tau kalian penampakan aku sama cowokku deh just so you know aja gitu hahhaha.

Ain't we cute? Lol
Okay, jadi aku punya 7 tips buat kalian semua biar LDR kalian berjalan dengan baik. Aku tau sebenernya tipsnya ga cuman 7, ada beratus-ratus tips buat ngejalanin LDR. Cuman, setiap orang punya karakter dan caranya sendiri buat menjalani hubungannya. 7 tips yg aku kasih ini bersifat general dan WAJIB diterapkan untuk kaum LDR. So, 7 tips itu adalah:

#1 KOMUNIKASI 
Ini adalah hal yg paling penting dan wajib fardhu ain dilakuin bagi pejuang LDR. Kenapa? Ya karena kalian LDR. Kalo ga komunikasi terus mau tau kabar darimana? Komunikasinya ga perlu setiap jam menit detik, yaa pokoknya setiap hari kalian berkabar. Kalo aku dan cowokku sih selalu nyapa setiap pagi dan sebelum bobo pasti nyempetin buat telpon/video call. Kalo pergi-pergi juga selalu pamit. Meskipun dia jauh, tapi buat aku pamit itu harus dijadikan habit biar cowokku tau apa yg aku lakuin. Kita lagi LDR, kalo ga ngomong ke pasangan kalian lagi dimana sama siapa, terus mereka taunya darimana? Biasakan untuk saling memantau keadaan masing-masing. Ga harus intens, pokoknya dia tau kondisi kalian. Mungkin kalian ada yg mikir itu ga penting untuk orang LDR yg saling jauh-jauhan, but keep in mind that small things mean a lot.

#2 JUJUR
Ini nih yang paling jadi pertanyaan besar buat pasangan LDR. Karena kalian jauh, jadi ga tau tuh keadaan sesungguhnya disana. Ga tau mereka sebenernya ngapain sama siapa. Pikiran udah melalang buana, mikir negatif, ujungnya curiga. Nah kalo ga mau itu semua terjadi, maka biasakanlah jujur. Jujur itu emang udah keharusan kita sebagai manusia, jadi terapkanlah di kehidupan dan ke pasangan kalian. Emang sih jujur atau ngganya itu invisible, tapi kalian dan pasangan kalian harus ngebiasain mulai sekarang juga biar hubungan kalian ga terselip kebohongan. Satu kebohongan itu bisa beranak pinak dan nanti jadi kebiasaan buruk. Mulailah sepakat sama pacar kalian untuk saling jujur. Kalo pacar kalian ketauan bohong, ga usah ikutan jadi pembohong. Justru kalian harus terus kasih mereka contoh gimana harusnya bersikap.

#3 TERBUKA
Mirip-mirip sama jujur, tapi beda. Jujur itu belum tentu terbuka. Terbuka adalah saat dimana kalian bisa dengan luwes ngomongin APAPUN ke pacar kalian. Kalian ngerasa pacar kalian ngeselin, berubah, atau bahkan kalian ngerasa hubungan kalian makin hambar, itu semua kalian bisa omongin ke pacar kalian tanpa rasa sungkan. Mungkin akan ada kenyataan yang menyakitkan, tapi itu lebih baik kan daripada disembunyiin terus? Kalian kan LDR, udah fisiknya ga bisa ketemu, masa perasaan kalian juga kalian umpetin? Mending diomongin aja, apapun itu coba omongin aja ke pacar kalian. Ajak dia ngomongin bareng, diskusi, cari jalan keluarnya bareng-bareng. Aku yakin, dengan gitu pacar kalian makin merasa 'dianggap' karena kalian ajak terlibat dalam perasaan kalian. 

#4 PERCAYA
Kan kalian udah jujur dan terbuka, maka tugas kalian selanjutnya adalah per-ca-ya. Susah susah gampang sih emang buat pasangan LDR untuk percaya sama pasangannya yg nun jauh disana, tapi kalo kalian ga percaya, terus mau gimana? Kan kalian ga punya pilihan. Positive thinking aja sama pasangan kalian, ga usah mikir aneh-aneh. Pokoknya kalo kalian udah komitmen untuk jujur dan terbuka, pasti ya ga susah buat percaya. Jangan jadi pasangan yg curigaan, karena sesungguhnya dicurigai itu ga enak dan bikin risih. Kalo udah risih pasti bakalan berujung tengkar. So, belajarlah untuk percaya ya guys.

#5 TUNTASKAN MASALAH
Sebenernya ga cuma berlaku buat orang LDR aja sih, semua pasangan harus menyelesaikan masalah yg mereka hadapi sampai tuntas. Jangan sampe nyeleseinnya cuma setengah karena ntar setengahnya lagi bakalan jd bom waktu buat kalian sendiri. Mending kalo ada masalah langsung diselesein dan diobrolin maunya satu sama lain itu gimana. Cari jalan keluarnya yg sama-sama ngenakin kedua belah pihak. Pokoknya masalahnya harus  dituntasin TOTAL! Ga boleh ada yg namanya ganjel di ati, semuanya harus 100000% clear. Kendalanya LDR sih ya kalo ada masalah ga bisa ketemu langsung, ga bisa liat gerak-geriknya. Tapi yaitu tadi, selama kalian biasain buat jujur dan terbuka pasti tiap masalah bisa diselesein dengan baik, karena kalian ga nyembunyiin apa-apa. 

#6 KASIH SURPRISE
Siapa sih yang ga suka tiba-tiba dikirimin hadiah dari pacar? Apalagi itu adalah bentuk rasa kangen dari pasangan kalian. Coba deh kalian randomly kirim hadiah buat pacar kalian yg ada disana, pasti dia bakalan seneng banget. Ga usah nunggu momen ultah atau anniv, kirim aja kalo kalian emang pengen kirim. Barang-barang yg kalian kasih ke pacar kalian pasti bakal bikin mereka makin inget sama kalian dan bikin mereka baper + kangen mendadak hahaha. Curhat dikit ya, waktu itu cowokku kirimin aku paket isinya snack sekardus, dia bilang itu food supplyku karena waktu itu aku  lg hectic banget di kampus aw sweet banget deh luv.

#7 NABUNG
'Cintaku berat diongkos' yak, itulah tagline yg sangat cocok buat pasangan LDR. Apalagi kalo LDRnya jauh sampe beda negara, beuh dijamin pasti itu nabungnya bikin orang kanker (kantong kering). Jangan terlalu boros ya kawan-kawan LDR, inget simpen duit kalian untuk urgensi kalo ntar tiba-tiba kangen berat sama pasangan kalian. Udah gitu berhubung kalian jarang ketemu, sekalinya ketemu coba sempetin buat adventure bareng. Bukan ke mall-mall, tapi cobalah main ke tempat yang berbau alam atau main ke luar kota/negeri. Intinya cari tempat explore baru bareng-bareng. Travelling bakalan ngusir rasa penat dan stress kalian. Travelling bareng juga bikin kalian makin ngerti satu sama lain dan  hubungan kalian dijamin makin langgeng. Jadi pr kalian bukan cuma beli tiket buat ketemu tapi juga buat travelling hahaha.

Itu dia 7 tips dari aku buat kalian yang ngejalanin LDR. LDR itu bukan hal yg impossible kok, semua itu cuma butuh waktu untuk terbiasa. The love you had is much bigger than the distance, guys.


No comments:

Post a Comment